The Biggest Building Material, Architecture, and Interior Exhibition in Indonesia

Attracting key buyers, manufacturers, and visitors from around the world.

Part 1 • 12 – 16 June 2024 • ICE BSD City, Indonesia

Part 2 • 07 – 11 August 2024 • ICE BSD City, Indonesia

Days until IndoBuildTech Part 1 2024

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

The Biggest Building Material, Architecture, and Interior Exhibition in Indonesia

Attracting key buyers and manufacturers from around the world.

Part 1 | 12 – 16 June 2024
Part 2 | 07 – 11 August 2024

Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City

Day(s)

:

Hour(s)

:

Minute(s)

:

Second(s)

Jakarta, 10 Maret 2021. Optimisme percepatan pemulihan ekonomi nasional dan perluasan vaksinasi massal dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19, telah mendorong PT. Debindo-ITE, perusahaan penyelenggara “IndoBuildTech Expo” pameran tahunan building material dan interior terbesar di Indonesia, untuk menggelar 6 rangkaian event yang akan berpuncak pada event utama The 19th IndoBuildTech Expo 2021 di ICE BSD-City pada tanggal 6-10 Oktober 2021.

Sebagaimana disampaikan oleh Effi Setiabudi – Direktur Utama PT. Debindo-ITE, progres pemulihan ekonomi nasional oleh Pemerintah melalui perluasan vaksinasi dan berbagai kebijakan insentif sosial-ekonomi telah meningkatkan optimisme tentang tren positif perekonomian nasional tahun 2021 ini, utamanya mulai kuartal 2 (Q2-2021).

“Dalam rangka turut mendorong pemulihan ekonomi nasional, maka para pelaku usaha MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) Indonesia seperti PT. Debindo-ITE telah mengagendakan penyelenggaraan event secara online maupun hybrid mulai dari kuartal dua ke depan. Tren positif ini juga mulai terbaca di berbagai negara lain yang telah mengeskalasi vaksinasi,” jelasnya. “Dengan optimisme ini kami siap menggelar 6 event terdiri dari 4 online dan 2 hybrid event, dan penyelenggaraan event tahunan utama yaitu IndoBuildTech Expo 2021 di kuartal keempat, tanggal 6-10 Oktober 2021” tambahnya.

Menjaga Momentum Pemulihan

Pemberlakukan PPKM menggantikan PSBB telah menandai transisi ke tahun 2021 sebagai periode percepatan pemulihan ekonomi nasional yang didorong antara lain dengan tambahan alokasi dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021 dari Rp. 372,3 Triliun dinaikkan menjadi Rp. 619,83 Triliun, serta perluasan distribusi dan sasaran penerima vaksinasi. PEN menjadi instrumen utama dalam penanganan dampak pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi 2021. Secara paralel, vaksinasi terus diperluas secara bertahap, dimulai dari pulau Jawa dan Bali yang memiliki populasi penduduk terpadat hingga kebijakan dibukanya jalur vaksinasi mandiri melalui sumber swasta.

PT Debindo ITE turut mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional melalui penyelenggaraan event secara online dan hybrid, bertepatan dengan diperluasnya vaksinasi, yang diharapkan sebagai salah satu langkah menggerakan kembali industri building material dan interior.

Online Event

Adapun rangkaian online event yang akan digelar adalah IndoBuildTech Development Forum (IDEVFO) pada tanggal 22 April 2021, 24 Juni 2021 dan 19 Agustus 2021. Selain online event berupa Forum, juga akan digelar The 2nd IndoBuildTech Digital Fair (IDF) pada tanggal 21-27 Juni 2021. Penggunaan platform digital-online ini mendorong pelaku industri building material agar tetap produktif dalam proses pemulihan ekonomi. Hal ini sejalan dengan tren yang menunjukkan bahwa sejak pandemi Covid-19 masyarakat pebisnis dan umum semakin banyak memanfaatkan media informasi dan komunikasi berbasis internet. Penggunaan platform digital menjadi salah satu solusi untuk menjaga market engagement.

Dengan tren positif pertumbuhan ekonomi Indonesia 2021 sebagaimana diproyeksikan oleh Kementerian Keuangan RI, World Bank, Asian Development Bank dan OECD, maka PT. Debindo-ITE telah menyiapkan online event yaitu IndoBuildTech Development Forum (IDEVFO) dengan mengangkat tema sebagai berikut:

Seri IDEVFO I tanggal 22 April 2021, dengan topik “Optimizing Hospital Infrastructure Resources”. Adapun narasumbernya adalah Ir. Diana Kusumastuti, M.T – Direktur Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Prof. dr. Abdul Kadir, Ph.D – Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, dan Adi Utomo Hatmoko – Founder PT. Global Rancang Selaras, Dosen Arsitektur UGM.

Seri IDEVFO II tanggal 24 Juni 2021, dengan topik “Establishing Super Priority Tourism Infrastructure”, dengan pembicara Ir. Hadi Sucahyono, MPP, PhD – Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah (BPIW) Kementerian PUPR, Iman Santosa, S.Sos,. M,Si – Direktur Pemasaran Pariwisata Regional III Kemenparekraf, dan Danang Triratmoko – DHDT Architects.

Seri IDEVFO III tanggal 19 Agustus 2021, dengan topik “New Infrastructure for Property Sector Rebound”, dengan pembicara Ir. H. Khalawi AH. M. Sc, MM – Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Paulus Totok Lusida – Ketua Real Estate Indonesia (REI), Taufik Widjoyono – Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN), dan Muhammad Egha – CEO Delution Land.

Juga pada bulan Juni 2021 akan diselenggarakan The 2nd INDOBUILDTECH DIGITAL FAIR (IDF), 21-27 Juni 2021 dengan tema “Road to Recovery: Accelerating Infrastructure Development Towards Future Normal”. Sebagai pengembangan lanjutan dari seri pertama di tahun lalu, IDF 2021 mengintegrasikan ekosistem e-Commerce dengan platform virtual exhibition sehingga memberikan kemudahan bagi visitor untuk melakukan transaksi secara langsung. Para visitor juga dapat mengikuti berbagai forum bisnis dan presentasi yang didukung oleh 36 mitra asosiasi.

Jakarta Renovation Week 2021

Guna menjawab kebutuhan building material dan interior untuk renovasi hunian dan niaga yang telah menunjukan tren kenaikan, akan digelar hybrid event Jakarta Renovation Week (JRW) di Atrium Pondok Indah Mall 2 pada tanggal 2-8 Agustus 2021, dengan konsep pameran semi-instalasi yang memadukan design kontemporer dengan produk bahan bangunan dan interior bertujuan untuk memberikan inspirasi baru bagi para visitor di tengah sebuah pusat perbelanjaan, perkantoran dan area hunian high-end di Jakarta. Jakarta Renovation Week (JRW) merupakan sebuah event yang menjembatani produk unggulan dan konsep yang dimiliki oleh pelaku bahan bangunan lebih dekat dengan market.

IndoBuildTech Expo 2021

Rangkaian event diatas berpuncak pada pelaksanaan The 19th IndoBuildTech Expo 2021 pada tanggal 6-10 Oktober 2021 di ICE BSD-City. IndoBuildTech Expo 2021 akan diselenggarakan dengan format hybrid, yang memadukan interaksi langsung secara live-offline di lokasi pameran dan interaksi secara live-online berbasis internet melalui platform digital yaitu Virtu-Ex. Dengan penggabungan dua konsep tersebut diharapkan dapat memperluas manfaat penyelenggaraan pameran sehingga menjadi momentum untuk mempercepat pemulihan ekonomi di sektor building material dan interior.

Dengan penyelenggaraan secara hybrid, visitor dapat mengunjungi pameran secara live-online melalui platform Virtu-Ex, dimana layout pameran dan lokasi exhibitor akan menyerupai kondisi dari pameran offline. Para visitor juga dapat memanfaatkan fitur interaktif seperti Live chat, Video call dan 360 product & Booth browsing, hingga kemudahan melakukan transaksi secara online dengan layanan terintegrasi ekosistem e-commerce.

Dan untuk memastikan para exhibitor dan visitor IndoBuildTech Expo 2021 di ICE BSD-City dapat melaksanakan kegiatan dan interaksi live-offline secara sehat, aman dan produktif, maka PT Debindo-ITE selaku penyelenggara akan menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Sustainable Environment) secara ketat dan disiplin karena kesehatan dan keselamatan menjadi satu hal utama demi kelancaran seluruh rangkaian agenda selama pameran berlangsung. Juga sebagai langkah menjaga kenyamanan berkegiatan di seluruh lingkungan terintegrasi venue, Manajemen ICE dan Hotel Santika Premiere ICE telah lulus sertifikasi CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif R.I. Selain itu, PT Debindo-ITE akan menerbitkan dan mensosialisasikan panduan pelaksanaan CHSE kepada para stakeholders IndoBuildTech Expo yang meliputi teknis penerapan protokol kesehatan.

Dengan akan digelarnya 6 rangkaian event yang saling terintegrasi sepanjang tahun 2021, diharapkan para pelaku bisnis dapat memanfaatkan penyelenggaraan event tersebut dengan sebaik mungkin. Utamanya untuk optimasi nilai tambah dari operasi bisnis sekaligus berkontribusi pada percepatan pemulihan ekonomi nasional.

Kontak : 0823 6261 4955 (Pesta)